Friday, October 14, 2011

Tugas RPL 1 - Pendahuluan

1. Apakah Perangkat Lunak (PL) ?
Jawab :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital,  termasuk program komputer, dokumentasinya , dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.

2. Apakan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ?
Jawab :
Rekayasa perangkat lunak adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak; mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

3. Apa perbedaan antara RPL dengan ilmu komputer (computer science) ?
Jawab : Beda RPL dengan ilmu komputer adalah RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak, sedangkan ilmu komputer berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak.

4. Apa perbedaan RPL dengan rekayasa sistem ?
Jawab :
Beda RPL dengan rekayasa sistem adalah RPL merupakan bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrastruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem, sedangkan rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek daam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL, dan proses.

5. Apa yang dimaksud dengan proses Perangkat Lunak ?
Jawab :
proses Perangkat Lunak merupakan serangkaian kegiatan dan hasil-hasil relevannya yang menghasilkan perangkat lunak --> sebagian besar dilakukan oleh perekayasa perangkat lunak.

6. Apakah model Perangkat Lunak ?
Jawab :
merupakan deskripsi yang disederhanakan dari proses perangkat lunak dipresentasikan dengan sudut pandang tertentu. Bisa mencakup kegiatan yang merupakan bagian dari proses perangkat lunak, produk perangkat lunak, dan peran orang yang terlibat pada rekayasa perangkat lunak.

7. Berapa biaya Rekayasa Perangkat Lunak ?
Jawab :
Umumnya sekitar 60% untuk biaya pengembangan (developmnet) dan 40% biaya pengujian (testing). Distribusi biaya yang tepat selama proses perangkat lunak bergantung pada proses yang digunakan dan jenis perangkat lunak yang dikembagnkan.

8. Apa saja metode-metode Rekayasa Perangkat Lunak ?
Jawab:
a. Deskripsi model sistem --> Deskripsi model yang harus dikembangkan dan notasi yang digunakan untuk mendefinisikan model-model ini. Ex : model aliran data.
b. Aturan --> Batasan yang berlaku bagi model sistem. Ex : Setiap entitas pada model sistem harus memiliki nama yang unik.
c.Rekomendasi --> Saran dalam membentuk perancangan yang baik. Ex : Tidak ada objek yang memiliki lebih dari tujuh sub-objek yang berhubungan dengannya.
d. Panduan Proses --> Aktifitas yang bisa diikuti untuk mengembangkan model sistem. Ex : Atribut objek harus didokumentasi sebelum mendefinisikan operasi yang berhubungan dengan objek.

9. Apa yang dimaksud dengan CASE (Computer-Aided Software Engineering) ?
Jawab :
CASE (Computer-Aided Software Engineering) mencakup berbagai macam program yang digunakan untuk mendukung kegiatan PL seperti analisis pertanyaan, pemodelan sistem, debugging, dan pengujian.

10. Apakah atribut-atribut PL yang baik ?
Jawab:  
1.Dapat dipelihara (Maintanability) --> PL harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan user. 
2.Dapat diandalkan (Dependability) --> PL harus dapat dipercaya dan tidak menyebabkan kerusakan fisik atau ekonomi jika terjadi kegagalan sistem. 
3.Efisien --> PL harus efisien dalam penggunaan sumber daya sistem.
4.Kemampupakaian (Usability) --> PL harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan.

11. Apa tantangan kunci yang dihadapi RPL ?
Jawab :
a. Tantangan Warisan (Legacy) --> Tantangan memelihara dan meng-update PL sedemikian sehingga biaya yang berlebihan dapat dihindari dan layanan bisnis yang penting tetap dilakukan.
b. Tantangan Heterogenitas --> Tantagan teknik pengembangan untuk membangun perangkat lunak yang dapat diandalkan dan cukup flexibel untuk menghadapi heterogenitas yang ada.
c. Tantangan Pengiriman --> Tantangan mempersingkat waktu kirim sistem besar dan kompleks, tanpa mengurangi kualitas sistem.

No comments:

Post a Comment